Transportasi Unik Di Jakarta Yang Masih Ada Sampai Saat Ini

Standard

Kali ini izinkanlah saya mengungkap fakta-fakta menarik transportasi-transportasi unik yang ada di Jakarta n masih ada di Jakarta… Konon katanya, transportasi-transportasi ini sudah terkenal hingga keseluruh belahan dunia lain.. wah… wah… ^.^*- sdikit lebay-

1. Busway

imagesTransjakarta/ busway merupakan sebuah transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan. Beroperasi sejak tahun 2004 di Jakarta.

Alat transportasi ini di desain untuk mengurangi kemacetan oleh Pemprov DKI Jakarta. Memang dikhususkan untuk masyarakat umum agar lancar dan cepat sampai tujuan dalam melakukan aktivitas sehari-hari (Jakarta memang sangat parah sekali dengan kemacetan, orang tidak ada matinya melakukan aktifitas baik siang maupun malam).

Bagi kamu (wisatawan/backpacker) yang ingin berpetualang dan ingin memiliki pengalaman seru untuk menjelajahi Daerah Khusus Ibukota Jakarta, busway bisa menjadi pilihan.. Hanya dengan Rp. 3500 saja, busway akan mengantarkan kita membuka lembar demi lembar Jakarta. ^>^

Nih yah contoh singkatnya.. misalnya kamu ingin menelusuri sepanjang jalur busway koridor 1 bus Transjakarta yang membentang dari Blok M hingga Kota.

peta_koridor_1_blok_m_-_kotaKamu akan berpetualang melewati rute2 tersebut..

1. Halte Harmoni

Ini adalah halte transfer untuk koridor 1,2,3,5A, dan 8. Jadi jangan heran kalau kamu selalu melihat antrean panjang di sini.🙂

2. Halte Glodok

Inilah salah satu sudut pecinan tertua di Batavia. Rumah-rumah yang saling berhimpitan di antara lorong sempitnya seolah membawa kita ke masa lalu, keluar dari gemerlap ibu kota. Peleburan budaya China dan Betawi terasa amat kental. Mulai dari dialek penduduknya, hingga budayanya.

3. Halte Stasiun Kota

Nah, ini dia destinasi wisata yang disukai kalangan anak muda, terlebih bagi pecinta fotografi. Jalan-jalan di Jakarta, tidak lengkap kalau belum menginjakkan kaki di area Kota Tua. Di sini pulalah pusat pemerintahan dan perdagangan Jakarta di masa lalu, yang jejaknya bisa ditelusuri dari berbagai gedung tua yang tersisa di sekitarnya.

4. Halte Monas

Monas merupakan salahsatu ikon nasional bangsa.

5. Halte Sarinah

Ini merupakan salah satu pusat jajanan kuliner di Jakarta. Banyak exmud n pekerja yang makan di sekitar Sarinah.

6. Halte Bundaran HI

HI2Ini bisa dibilang merupakan intinya Jakarta yang disebut sebagai Kota Metropolitan. Kamu akan melihat Patung “Selamat Datang” yang dikelilingi oleh air pancur, Hotel Grand Hyatt Jakarta, Plaza Indonesia, Mall Grand Indonesia, dan Hotel Mandarin Oriental.

HI

HI1

7. Halte Gelora Bung Karno

Inilah Kompleks Gelangang Olahraga Bung Karno. Biasanya, dihari Minggu dan hari libur, tempat ini ramai untuk olahraga. Entah itu pagi atau sore hari.

8. Blok M

Ini juga merupakan salah satu pusat hang out yang paling disukai kalangan remaja.

Yah, itulah sedikit gambaran singkatnya… Lumayan panjang jg yah.. hhe. Pokoknya, kalau mau keliling Jakarta, gak ada salahnya naik busway. Karena busway akan mengantarkan kamu ke objek2 wisata yang ada di Jakarta.

Selain itu, naik busway juga nyaman koq. Disediakan Ruang Khusus Wanita juga lho…

2. Bajaj

bajajMeskipun bajaj sangat bising dan asapnya seperti kebakaran, dan berdiri dibelakang bajaj bisa merupakan salah satu musibah, tapi bajaj ini masih tetap beroperasi di Jakarta n merupakan salah satu ikon transportasi Jakarta lho..

Tarif bajaj kadang-kadang sangat tidak masuk akal, beda-beda tipis dengan argo taksi. So, kamu harus pinter2 nawar yah…

3. Bemo

BemoBemo adalah singkatan dari “Becak Motor”. Bemo hampir mirip dengan bajaj, beroda tiga dan lumayan bising suaranya, dan duduknya saling berhadap-hadapan, kadang dengan penumpang lain suka jadi beradu lutut lho…

Bemo ini diperkirakan masuk ke Indonesia sekitar tahun 1962. Dan Bemo ini masih eksis di Jakarta hingga saat ini meskipun sudah dibatasi daerah operasinya di rute-rute tertentu saja. Seperti Manggarai – RSCM, Pasar Baru – Sawah besar, Stasiun kota- King – Mangga dua, dan Pejompongan – Benhil.
Tarif bemo… Rp. 3000 saja..🙂

4. Ojekojek

Sebenernya sih ini gak unik-unik amat ya… tapi terinspirasi dari pengalaman sendiri,turun busway di duku atas dari jembatan ajah udah diteriak2in tukang ojek, jadi kepikiran ini unik juga. hhe.

Pokoknya di Jakarta banyak ojek deh, friend.. Kelebihannya sih dibanding angkutan-angkutan lain yaitu lebih cepat dan dapat melewati sela-sela kemacetan yang kadang super duper di Jakarta. Selain itu ojek juga bisa menjangkau daerah-daerah dengan gang-gang yang sempit dan sulit dilalui oleh mobil.

Biasanya mereka mangkal di persimpangan jalan yang ramai, atau di jalan masuk kawasan permukiman.Untuk tarif, harus pinter2 nawar ajah n jangan semena2nya juga sih nawarnya, kasian abangnya cing,,,🙂

2 responses »

  1. Bagus-bagus.
    Moda transportasi di jakarta memang sangatlah penting. Untuk menunjang aktivitas sehari-hari.
    Diharap kepada seluruh masyarakat Jakarta untuk tetap menjaga moda transportasi umum ini. Terutama moda yang menjadi ciri khas Ibukota.
    Untuk kedepannya kita tunggu moda lainnya yang bisa mengurangi kemacetan Jakarta secara efisien.
    MRT will coming.

    #buat penulis itu di bagian bajaj ada kata busway yang nyelip.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s