Fakta Menarik Islam di Asia Selatan

Standard

south_asia_map

Tahukah kamu?

• Tiga dari 5 negara dengan jumlah muslim terbesar berada di Asia Selatan.

Pakistan (# 2): 175.184.551
India (# 3): 164.235.123
Bangladesh (# 4): 140.506.618

• Jumlah Muslim yang tinggal di Asia Selatan lebih dari populasi Muslim dari Timur Tengah, Eropa, Amerika Utara dan Selatan digabungkan.

• Pedagang dan orang-orang kudus sufi menyebarkan Islam ke Asia Selatan jauh sebelum penakluk Muslim mendirikan basis kekuatan mereka di sana.

Proselytizers awal • Islam di Asia Selatan dan Asia Tenggara memungkinkan masyarakat setempat untuk mempertahankan budaya dan tradisi mereka, yang mengarah ke campuran regional yang berbeda secara signifikan dari cara Islam dipraktikkan di jantung Arabnya.

• Salah satu konsekuensi abadi dari perang dingin di komunitas Muslim Asia adalah penetrasi versi “Wahabi” puritan Islam. Diundang oleh pro-Barat pemerintah untuk membantu pendidikan Islam dan amal, Arab Saudi dan negara-negara Arab Teluk lainnya mengirimkan para misionaris ke komunitas Muslim Asia terutama untuk memurnikan pemahaman mereka tentang Islam. Kuat Wahabi dan neo-Wahabi kelompok sekarang ada di semua negara Muslim Asia, melemahnya tradisi lokal pluralisme.

• Pakistan adalah semi-presidensial federal yang demokratis republik dengan Islam sebagai agama negara. Pakistan memiliki populasi terbesar kedua Syiah Muslim di dunia. Ini hanya dunia mayoritas Muslim negara nuklir ..

• India adalah demokrasi yang paling padat penduduknya di dunia. India tidak memiliki agama resmi negara, sekularisme adalah suatu prinsip integral dari konstitusinya. Hak untuk kebebasan beragama adalah hak dasar. Sistem hukum India didasarkan pada hukum umum Inggris, tetapi ada yang terpisah kode hukum pribadi berlaku untuk umat Islam, Kristen, Hindu, dan Yahudi.

• Bangladesh adalah negara demokrasi parlementer. Pemilihan langsung di mana semua warga negara, berusia 18 tahun atau lebih, dapat memilih diadakan setiap lima tahun. Pemisahan kekuasaan, peradilan dari eksekutif, dilaksanakan pada tahun 2007. Hukum secara longgar didasarkan pada hukum umum Inggris, tapi keluarga hukum seperti perkawinan dan warisan didasarkan pada script agama, sehingga berbeda antara komunitas agama.

Sources:

1. “Mapping the Global Muslim Population” – Pew Forum on Religion and Public Life, Oct 2009
2. “Islam in South Asia” – Carnegie Endowment for International Peace
3. “Pakistan” – Wikipedia
4. “India” – CIA The World Factbook
5. “India” – Wikipedia
6. “Bangladesh” – Wikipedia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s