Vending Machine Ramah Lingkungan

Standard

Bagi Anda yang pernah menggunakan trans Jakarta sebagai sarana transportasi, pasti tidak asing dengan kotak besar bertuliskan “I LOVE JAKARTA”. Bagi yang tidak memperhatikan dengan cermat, pasti akan bertanya-tanya, “Itu kotak apa sih?”. Tapi ketika kita perhatikan lebih dekat, sebenarnya itu bukanlah kotak biasa. Cobalah memasukkan sejumlah uang ke dalam kotak tersebut, maka ia akan mengeluarkan aneka macam minuman segar untuk membasahi kerongkongan kita yang kering. Kotak ini bernama vending machine.

Perkembangan vending machine di Indonesia memang lamban. Sejauh ini, kita baru mengenal vending machine yang menjual minuman saja. Dan kehadirannya mungkin masih dianggap sebagai mesin ajaib yang aneh. Sebagian kalangan masyarakatpun masih enggan menyentuhnya. Situasi ini sangat berbeda dengan negara-negara yang mempunyai berbagai macam vending machine, apalagi Jepang yang merupakan surganya mesin ajaib ini.

Bagi masyarakat Jepang, vending machine mungkin tak ubahnya seperti warung-warung rokok untuk masyarakat Indonesia. Mulai dari yang paling umum seperti vending machine minuman atau rokok, hingga yang aneh-aneh ada di negeri Sakura ini.

Teknologi vending machine masih terus berkembang dari waktu ke waktu. Mulai dari vending machine yang mengoperasikannya full mekanis hingga yang canggih dan full elektronik seperti kebanyakan sekarang ini.

Kini isu lingkungan telah menjadi isu global yang semakin menarik untuk diperhatikan dan makin hangat untuk diperbincangkan. Hal ini rupanya juga membuat banyak perusahaan berlomba-lomba mengeluarkan vending machine versi ramah lingkungan. Seperti Pepsi yang sudah mulai mencoba vending macine ramah lingkungan milik mereka. Berbeda dengan yang mereka miliki sebelumnya, vending machine ini menggunakan karbon dioksida yang diambil dari udara untuk mendinginkan minuman di dalamnya.

Tidak mau kalah dengan pesaingnya, Coca-cola  juga mengeluarkan vending machine edisi ramah lingkungan, yaitu dengan menggunakan tenaga surya sebagai sumber tenaganya, dengan panel surya di bagian atas mesin sehingga dapat mengurangi konsumsi energi.

Bila Coca cola dan Pepsi mempunyai vending machine dengan teknologi ramah lingkungan, maka Dentsu-Agensi iklan Jepang memiliki vending machine yang benar-benar “green” karena mampu menumbuhkan tanaman tanpa bantuan sinar matahari. Vending machine ini diberi nama Chef’s Farm. Mesin ini banyak banyak dijual kepada pengusaha restoran. Mesin ini mampu menumbuhkan bibit-bibit tanaman selada tiap harinya, sehingga para pengusaha tidak perlu lagi bingung ketika kehabisan persediaan selada. Mesin ini juga merupakan solusi bagi yang ingin berkebun tapi mempunyai keterbatasan tempat dan waktu untuk merawatnya. Kita cukup menaruh bibit dan biarka Chef’s Farm yang mengurus sisanya.

Tidak hanya itu, ternyata sudah ada juga mesin yang digunakan untuk mendaur ulang botol bekas air mineral dan kaleng minuman. Mesin ini disebut reserve vending machine. Di Indonesia, tepatnya Monas (Monumen Nasional ) Jakarta baru-baru ini juga telah menyediakan reserve vending machine ini. Tiap botol atau kaleng bekas yang dimasukkan ke dalam mesin, kita akan mendapatkan 1 kupon.  Setelah mengumpulkan 10 kupon, masyarakat bisa masuk Monas dengan gratis. Sebuah cara yang hebat untuk mengajak orang untuk mulai mendaur ulang botol plastik dan kaleng sehingga bisa mengurangi jumlah sampah.

Bukan tidak mungkin suatu saat nanti akan muncul vending machine yang benar-benar ramah lingkungan, misalnya menggunakan tenaga alternatif lain seperti angin atau mengambil tenaga dari panas tubuh manusia. Bila hal itu terjadi maka era “green” vending machine benar-benar telah dimulai. (Dwi Anggrayana)

Sumber :

http://www.rakyatmerdekaonline.com/news.php?id=48301

http://www.reuters.com/article/2009/03/30/us-pepsico-machines-idUSTRE52T0QD20090330

http://www.greendiary.com/entry/5-eco-friendly-vending-machines/

http://www.apartmenttherapy.com/dentsu-green-vending-machines-131012

http://www.japanfs.org/en/pages/029986.html

Sumber gambar :

cityfarmer.info

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s