SMAN 1 Jakarta Sekolah Hijau yang Historis

Standard

Kesan angker tersirat seketika, saat pertama kali menginjakkan kaki di SMAN 1 Jakarta yang terletak di Jl. Budi Utomo no.7, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Hal itu bukan tanpa alasan. Pasalnya, sekolah ini berarsitektur gaya indisch. Jendela-jendela kayu yang besar dan tinggi hampir mewarnai seluruh bagian gedung sekolah. Desain bangunan Gedung SMAN 1 Jakarta sangat kental dengan nuansa kolonial. Mulai dari ruangan kelas, auditorium, ruang-ruang praktikum, perpustakaan, hingga toiletpun tidak lepas dari pengaruh gaya Indisch. koridor sekolah yang panjang, peletakan lampu bulat hias sepanjang koridor bekas peninggalan Belanda plus di dominasi cat warna putih semakin menguatkan kesan angker pada sekolah tersebut.

Sekolah ini diperkirakan telah berdiri sejak tahun 1889. Awalnya, bangunan ini merupakan gedung sekolah Algemeene Middelbare School (AMS), yaitu sekolah setingkat SMA pada masa pemerintahan Belanda. Bangunan ini juga pernah digunakan sebagai salah satu markas BKR Laut Pusat kemudian dikuasai NICA. Setelah tahun 1950-an gedung ini baru dijadikan sebagai gedung sekolah SMAN 1 Jakarta. Gedung  ini termasuk salah satu kawasan cagar budaya Indonesia dan pernah direnovasi pada bulan Desember 2008  sampai Mei 2009 tanpa merusak bangunan aslinya.

Namun, kesan angker itu lenyap ketika Anda melihat sebuah taman kecil saat Anda memasuki bagian dalam kompleks sekolah, dan begitu banyak barisan pohon dan tanaman-tanaman di dalam pot yang sengaja disusun dan berjejer rapi menyerupai pagar memenuhi sudut-sudut bangunan sekolah sehingga membuat sekolah ini nampak begitu asri. Memang sekolah yang kaya akan historis ini fokus menerapkan konsep sebagai sekolah hijau yang berwawasan lingkungan sejak awal tahun 2000.

Saat jumpa pers serah terima renovasi gedung SMAN 1 Jakarta lalu, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, selaku penyerah terima menyatakan SMAN 1 Jakarta akan menjadi sekolah hijau (green school ) pertama di Jakarta dengan konsep menghemat energi dan menggunakan tenaga matahari.

Atap ruangan kelas yang sangat tinggi dan bentuk jendela-jendela kayu yang begitu besar semakin menguatkan sekolah ini dapat menerapkan konsep hemat energi. Apabila jendela dibuka, udara segar masuk dengan mudahnya ke dalam ruang kelas sehingga udara kelas tidak terasa pengap meskipun kipas angin tidak berputar atau AC tidak dinyalakan. Akibatnya siswa tidak lagi lagi dihinggapi oleh perasaan jenuh saat belajar akibat ruangan yang pengap dan tertutup rapat.

Sekolah ini juga menerapkan sebuah program khusus tahunan yang berwawasan lingkungan. Program ini bernama live in, dimana para siswa diajarkan dan diajak dalam kegiatan lingkungan serta berkesempatan untuk mempraktikkan wawasan lingkungannya. Program ini diisi dengan berbagai kegiatan seperti diskusi dan kegiatan berwawasan lingkungan. Live in menjadi sarana untuk instropeksi dan mengimplementasikan wawasan lingkungan yang telah dipelajari para siswa.

Dalam perjalanannya, SMAN 1 Jakarta tidak serta merta berubah menjadi sekolah hijau dalam sekejap. Secara perlahan sekolah ini mulai menunjukkan identitasnya sebagai sekolah hijau sejak akhir 1990-an. Berbagai upaya dan perjuangan dilakukan untuk merealisasikannya seperti berdiskusi dengan para alumni, sampai membuat program khusus dan mengundang Kementerian Lingkungan Hidup.

Atas usaha keras mewujudkan sekolah hijau, SMAN 1 Jakarta kerap dijadikan contoh pembelajaran dari sekolah-sekolah lain khususnya yang sekolah-sekolah dari berbagai daerah. Selain itu, Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) juga menunjuk sekolah ini sebagai sekolah model pusat sumber belajar dan untuk pendidikan berbasis keunggulan lokal.

Sekolah hijau dapat menjadi laboratorium untuk menimba ilmu dan membentuk karakter, imam, dan taqwa serta dasar dari pelestarian lingkungan. Diharapkan dari sekolah hijau ini akan menimbulkan efek berantai (multiply effect) agar ditiru oleh sekolah-sekolah lain di Jakarta.

Lihat foto-foto Gedung dan Lingkungan SMAN 1 Jakarta di website ini:

http://www.sman1jkt.com/sman1jkt/

Sumber :

http://www.antaranews.com/view/?i=1243270326&c=WBM&s=KON

http://www.jakarta.go.id/jakv1/encyclopedia/detail/2934

http://id.wikipedia.org/wiki/SMA_Negeri_1_Jakarta

http://edukasi.kompas.com/read/2011/07/06/08300242/Menilik.SMAN.1.Sekolah.Berwawasan.Lingkungan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s