Penerapan Detoksifikasi Dalam Kehidupan Sehari-hari

Standard

Pernah mendengar kata detoksifikasi? Detoksifikasi berasal dari kata detoks yang berarti racun, sedangkan detoksifikasi adalah proses pembuangan limbah yang berbahaya bagi tubuh. Detoksifikasi telah kita lakukan rutin sehari-hari seperti buang air dan berkeringat. Detoksifikasi sangat penting karena jika limbah sisa metabolisme tubuh tidak dikeluarkan maka akan menumpuk dan menjadi racun bagi tubuh.

Melakukan detoksifikasi tidak harus dilakukan di klinik kesehatan atau kecantikan. Anda dapat melakukannya sendiri di rumah. Detoksifikasi alami dapat dilakukan beberapa cara seperti: detoksifikasi air, usus besar, herbal, dan kulit.

  • Detoksifikasi air

Seperti namanya detoksifikasi air menggunakan media air dalam prosesnya. Menurut dokter olahraga KONI Pusat, Dr. Carmen Yahya, detoksifikasi air dapat dilakukan dengan mengkonsumsi 1,5 liter atau lebih air setiap hari. Detoksifikasi air bagi seseorang yang memiliki pola makan buruk dan tidak seimbang, kelebihan berat badan,d an memiliki bebean rutinitas fisik dan pikiran yang tinggi. Proses pembuangan dilakukan melalui kulit, ginjal, dan keringat. Kekurangan air dalam tubuh akan mengakibatkan darah lengket dan kental, sehingga menyumbat dan meracuni sistem dalam tubuh. Air yang harus diminum bebas dari bau, zat politan, logam berat, kaporit, dan tawas.

  • Detoksifikasi usus besar

Detoksifikasi usus besar adalah salah satu pembuangan limbah yang penting bagi tubuh. Menjaga usus besar tetap bersih berarti menjaga pembuagan racun tubuh lancer. Detoksifikasi usus besar bisa dilakukan dengan diet kaya serat, mengkonsumsi banyak sayuran dan buah. Konsumsi serat yang lebih banyak membantu mempersingkat dan memperlancar pembuangan toksin dalam tubuh. Sumber serat yang disarankan antara lain buah bit, lobak, artichoke, kubis, brokoli, spirulina, chlorella (ganggang hijau), dan rumput laut.

  • Detoksifikasi herbal

Detoksifikasi herbal baerguna untuk pembersihan organ tubuh tertentu seperti paru-paru atau ginjal. Herbal mengandung beberapa vitamin, mineral, dan enzim yang dibutuhkan tubuh seperti chamomile, licorice, marshmallow, dan peterseli, serta makanan yang mengandung vitamin C—memproduksi glutathione, senyawa hati yang mampu menghilangkan racun dalam tubuh (baik untuk hati), jahe dan rumput dandelion (baik untuk ginjal). Herbal dapat dikonsumsi dalam bentuk teh, bubuk atau ekstrak. Herbal yang paling mudah dikonsumsi sehari-hari adalah teh. Teh dapat dikonsumsi kapan saja dan akan bekerja lebih maksimal jika dibarengi dengan diet yang baik.

  • Detoksifikasi kulit

Kulit merupakan salah satu indra yang sangat penting. Proses detoksifikasi yang dilakukan kulit adalah mengeluarkan keringat. Jika Anda memiliki bath tub untuk berendam, Anda dapat mencoba ramuan yang dapat membantu proses detoksifikasi kulit. Bahan-bahan yang harus dipersiapkan adalah ½ cangkir baking soda dan ½ cangkir garam laut, campurkan bahan-bahan tersebut ke dalam air, lalu rendam dan gosok tubuh Anda dengan sabun dari bahan alami. Nantinya air rendaman tubuh akan kotor karena toksin sudah keluar dari tubuh. Jika Anda ingin memiliki kulit wajah yang cerah, Anda dapat melakukan detoksifikasi pada wajah. Caranya dengen menggunakan air panas. Letakan air panas dalam baskom atau ember, wajah yang sudah dibersihkan ditaruh kira-kira 2 jengkal dari air panas, tutupi kepala Anda dengan handuk. Setelah agak lama dan berkeringat, istirahatkan wajah Anda selama 5 – 10 menit, lalu ulangi proses tersebut.

Detoksifikasi tak lepas dari efek samping. Beberapa efek yang terjadi setelah proses detoksifikasi adalah sakit kepala, tidak enak badan, dan mual (bervariasi setiap orang). Dan pastinya akan merasa lapar dan haus. Namun, efek yang didapatkan akan sangat baik bagi tubuh Anda. Semakin banyak detoks yang dkeluarkan, semakin prima kondisi tubuh Anda.

Selamat mencoba

Sumber: wrm-indonesia.org dan ruangcantik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s