Tips Memahami Materi Kuliah Yang Tidak Dipahami Sewaktu Di Kelas

Standard

Walaupun kamu masuk kuliah tepat waktu, dan dengan gesture tubuh yang seolah-olah paham dan mengerti atas apa yang disampaikan dosen, ditambah lagi dengan bahasa tubuhmu yang mengangguk-anggukkan kepala seolah mengerti, namun saya yakin sekali belum tentu itu menandakan kamu paham 100% apa yang disampaikan tersebut! Apalagi ditambah dengan memang pada dasarnya daya tangkapmu yang kurang cepat sehingga menjadi kendala tersendiri. Hehe.. saya juga sering begitu koq! Biasanya 10 menit pertama saya masih bisa menyerap dan mengikuti materi dari dosen. Namun selanjutnya mulai sulit untuk konsentrasi hingga selesai materi. Pulang ke rumah.. dengan membawa sejuta kebingungan atas materi yang di bahas tadi .

Buat kamu yang sering mengalami nasib sama seperti saya (Lebay mode on), mau tidak mau kamu harus melakukan pekerjaan tambahan yaitu berusaha belajar kembali agar bisa memahami materi tersebut. Bagaimana cara terbaiknya?

Pliss check this out!!!

1. Kembali ingat2 apa saja yang telah disampaikan oleh dosen dengan menelusurinya melalui buku teks atau referensi yang tersedia! Minta dan Pelajari slide kuliah yang biasanya juga disediakan oleh dosen! Dengan begitu kamu bisa balik kembali memahami secara perlahan satu per satu setiap slide yang ada.

2. Bila kamu mengalami kesulitan, dan setelah dibaca n dicoba berulang-ulang masih tetap aja gak paham, maka ada 1 cara yang selama ini saya coba dan sangat membantu yaitu bertanya kepada teman yang sudah tahu! Ya.. cara ini sangat efektif dan sangat membantu. Karena dengan adanya bantuan tersebut, kamu akan dapat mamahami materi yang sulit dimengerti sebelumnya!

Pasang muka tembok! Jangan pernah malu, gengsi dan pasrah atas ketidakpahamanmu. Pokoknya tanya sampai paham benar materinya. Sayapun suka begitu.. saya suka tanya teman terbaik saya alias pacar saya (yang kebetulan sekelas dan kebetulan jg berotak encer) materi-materi yang saya kurang paham sampai dia kesel n mau marah ngejelasinnya ke saya! Hhe -.-“

Penting juga niih! Jangan pernah merasa di cap bodoh karena selalu sering bertanya dan diajari. Karena ketika kamu berinisiatif untuk belajar dan bertanya kepada teman, maka itu adalah awal kesuksesannu di mata kuliah tesebut. Pas lagi ngerjain ujian, gak perlu nunggu lagi deh temanmu nengok dulu baru dikerjain. Hhe.

Jangan pula dikira bahwa temanmu tersebut bakal keberatan mengajarimu! Karena salah satu dari manfaat mengajari teman adalah mereka akan bisa tambah paham lagi plus dapet traktiran darimu. Jangan pelittlah…

3. Pahami betul keefisiensian n keefektivas waktumu dalam menyerap pelajaran. Misalnya, saya lebih senang mengulang kembali pelajaran pas sebelum waktu subuh karena saya merasa otak saya masih segar n sinyalnya speed. Hho.

Intinya… semua upaya harus kamu lakukan supaya bisa memahami materi tersebut! Karena sekali kamu membiarkan materi tersebut berlalu tanpa kamu mengerti, artinya kamu sudah menanam beberapa lubang masalah di kemudian hari.

Jadi, jangan pernah menjadi mahasiswa yang merugi. Okay!! (Dwi Anggrayana N).

Sumber foto : iprasblog.com

One response »

Leave a Reply

