Menjaga Fokus Dan Konsisten Selama Kuliah

Standard

Dalam menjalani proses menuju tujuan, kita akan sering menghadapi berbagai rintangan yang datang silih berganti. Namun yang sering menjadi pertanyaan adalah bagaimana caranya agar tetap bisa menjaga fokus dan konsistensi dalam menjalani masa perkuliahan hingga tercapainya tujuan kita tersebut? Misalnya mendapatkan IPK lebih dari 3,8… dan bisa lulus tepat waktu.

Bagi saya pribadi pertanyaan ini gampang-gampang sulit. Gampang kalo hanya sekedar diucapkan, dan sulit kalau sudah benar-benar diterapkan. Karena sebagai manusia biasa, kita tidak bisa menghindar dari rasa capek dan jenuh serta ingin selalu hepi-hepi alias tidak mau capek dan susah.

Berikut kiat dari saya dalam menjaga focus tersebut. Semoga manjur :D

1. Lihat kembali Flight Plan yang pernah kamu buat. Perhatikan jadwal yang telah kamu tentukan dan tingkat urgensinya.

2. Pilihlah tujuan yang sangat penting yang harus dicapai saat itu. Misalnya yang terpenting saat itu adalah membuat tugas mata kuliah A, maka pastikan agenda utama kamu di pagi hari adalah langsung mengerjakan tugas berikut! Jangan pernah beralih ke aktivitas/ kegiatan lain sebelum selesai (kecuali untuk sekedar minum, makan dan rehat sejenak).

3. Matikan saluran internet!! Kenapa? Supaya kamu tidak tergoda untuk membuat tugas sambil browsing, email, chatting, fesbukan, atau twitteran. Ehm… kalo bahan- bahan tugasnya ada di internet, pastikan bahwa kamu sudah mengumpulkan dulu seluruh bahan- bahan yang diperlukan dari internet. Dengan kata lain, kamu menyediakan waktu khusus untuk browsing mencari data-data dan bahan yang diperlukan. Setelah dirasa cukup, putuskan sambungan internet dan mulailah mengerjakan tugasmu.

4. Pastikan kamu bekerja tanpa gangguan. Misalnya HP di-silent atau bahkan dimatikan selama kamu bekerja mengerjakan tugas. Hal ini dilakukan agar kamu bisa bekerja dengan bebas gangguan, atau paling tidak minim gangguan.

5. Lakukan langkah-langkah diatas berulang-ulang dan lambat laun tanpa kamu sadari akan membentuk sebuah kebiasaan yang sangat bermanfaat bagimu.

6. Kalau tiba masanya kamu merasa jenuh dan bosan, maka saran saya adalah langsung hentikan dulu pekerjaan/tugasmu. Kalau bisa jauhkan dirimu untuk sementara waktu dari segala hal yang berkaitan dengan tugas pekerjaan tersebut. Kalo perlu kamu boleh juga untuk melakukan refreshing seperti jalan-jalan ke pantai, rekreasi, dengar musik, dll yang kamu senangi!.

“Tapi ingat… jangan refreshing terlalu lama ya…”, karena ditakutkan nanti bisa membuat fokusmu akan hilang. Ibarat mesin yang sudah terlalu lama dingin, karena jarang dipanaskan, akan butuh waktu bagi mesin untuk panas kembali. Begitu pula focus dan mood mu jangan sampai hilang dan dingin sama sekali. Untuk menghilangkan jenuh dan bosan secukupnya saja. Okkee… (Dwi Anggrayana N)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s