Manfaat Menulis Di Blog

Standard

1. Meningkatkan Kemampuan Menulis

Dengan secara rutin menulis blog, maka lambat laun kualitas tulisan Anda akan meningkat, sehingga nanti ketika membuat laporan PKL dan Skripsi tidak akan terlalu mengalami kesulitan yang saat ini menjadi kendala mahasiswa. Saran saya, karena blog tidak terlalu terikat dengan tata cara tulis yang baku (ilmiah), maka harus pintar-pintar kapan menulis dengan baik dan benar, dan kapan menulis dengan bahasa gaul.

2. Mendokumentasikan Ide, Gagasan, Ilmu dan Informasi

Pasti Anda ingat dengan ungkapan “Ikatlah ilmu dengan menulisnya”. Nah, blog sangat cocok diterapkan disini. Dengan blog, mahasiswa dapat menuliskan curhat, ide, gagasan, kiat, tips atau apa saja yang terlintas dan terfikirkan di otak/ benak Anda. Kalau tulisan Anda tersebut bermanfaat tentu Anda sangat senang bukan? Selain itu bila suatu saat Anda memerlukannya, Anda tinggal “buka” lagi arsipnya. Dengan sering melakukan dokumentasi seperti ini, Anda sudah meringankan beban memori otak Anda.

3. Memperluas Pergaulan

Semakin banyak pengunjung yang “mampir” dan memberikan komentar ke blog Anda, berarti Anda sudah menambah teman/ relasi. Situasi ini menjadi hal yang positif, karena dengan bertambahnya teman berarti Anda bisa saling sharing ilmu, informasi, pekerjaan, dan hal lain yang bermanfaat,

4. Sebagai Branding

Bila blog Anda manfaatkan dengan optimal dan serius, maka sesungguhnya bisa menjadikan branding bagi diri Anda sendiri. Misalnya Anda rutin menulis tentang sebuah skill tertentu yang menjadi kemampuan Anda, apakah tentang lingkungan, programming, handmade, desain grafis, multimedia, akuntansi, arsitek, dll. Maka secara tidak langsung Anda sudah melakukan promosi diri sendiri di dunia maya. Bukan tidak mungkin para perusahaan yang sedang mencari tenaga kerja menemukan nama Anda Karen surfing di Internet lewat search engine. Sehingga jangan kaget bila suatu saat tiba-tiba Anda menerima email untuk mengerjakan sebuah proyek. Enak bukan…??

Mungkin masih banyak lagi manfaat/ keuntungan lainnya yang belum saya tuliskan (ada yang mau menambahkan?). Paling tidak dari uraian di atas dapat menggugah mahasiswa untuk segera memiliki blog. Saya tunggu ya…. (Dwi Anggrayana N)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s