Madu, Hilangkan Jerawat!

Standard

Perempuan mana sih yang nggak ingin wajahnya terlihat cantik, segar dan bebas dari jerawat? Apakah cantik identik dengan mahal? Apakah harus punya waktu yang banyak untuk merawatnya? Ternyata tidak!

Kamu tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak dan tidak perlu menghabiskan waktu seharian ke dokter kecantikan atau salon lagi. Karena alam sesungguhnya telah menyediakan obat terbaik untuk menyembuhkan jerawat dan merawat kecantikan kulit. Kamu dapat membersihkan kulit secara holistik dengan menggunakan produk alami dan mengonsumsi makanan sehat. Salah satu produk alam yang bisa digunakan untuk merawat wajah berjerawat sekaligus mempercantik dan mengencangkan kulit wajah adalah madu. Kaum Adam pun bisa mencobanya lho!!!

Madu memiliki sifat antibakteri yang membuatnya bisa mengusir jerawat dari wajah. Pada waktu-waktu tertentu selama hidup seseorang, seperti saat pubertas, selama menstruasi dan menopause, hormon menyebabkan kelebihan produksi sebum, yang bila bercampur bakteri bisa menyebabkan jerawat.

Bakteri Proprionibacterium acnes atau P. acnes merupakan strain bakteri yang biasa hidup di kulit manusia tanpa menyebabkan kerusakan pada kulit. Namun bila produksi sebum makin banyak, bakteri ini bisa berkontribusi menginfeksi jerawat.

Sebelumnya telah diketahui bahwa madu bisa digunakan sebagai antibakteri. Hal ini berdasarkan studi yang dilakukan oleh University of Texas Health Science Center diketahui bahwa madu kaya akan gula, sehingga bisa membantu menciptakan lingkungan yang membuat bakteri tidak dapat bertahan hidup.

Ketika dioleskan pada luka atau infeksi, hidrogen peroksida yang terkandung di dalam madu akan dikeluarkan ke kulit, yang bertindak sebagai antiseptik. Hidrogen peroksida yang terbentuk ketika madu diencerkan dapat menyembuhkan luka termasuk infeksi jerawat.

Tidak seperti hidrogen peroksida murni, tingkat antiseptik yang dibuat dalam madu tidak merusak kulit.

Pembentukan hidrogen peroksida bukan satu-satunya manfaat antibakteri yang diperoleh dari madu. Madu juga dapat merangsang kegiatan fagositik dan limfositik, yang merupakan kunci respons sistem imun dalam perang melawan infeksi.

Bila kamu ingin mengatasi jerawat maka ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu terapkan. Langkah pertama adalah mengoleskan sedikit madu pada jerawat, bersihkan kulit sebelumnya. Karena madu mengandung zat antibakteri sehingga mudah melenyapkan jerawat. Sedangkan untuk jerawat batu yang besar dan membengkak tanpa mata, sebaiknya kamu coba campurkan satu sendok teh ragi, beberapa tetes air lemon serta air. Campur hingga mengental lalu oleskan pada jerawatmu agar lebih cepat mengempis.

Referensi :
http://health.detik.com/read/2011/10/01/140403/1734621/766/usir-jerawat-dengan-manisnya-madu
http://www.resep.web.id/tips/cara-praktis-kulit-terlihat-cantik.htm

http://oketips.com/2486/tips-herbal-menghilangkan-jerawat-dan-bekasnya-dengan-madu/

http://duniapustaka.com/tips-cantik-dengan-madu.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s